MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
SK Walikota Menyimpang, KASN: Kembalikan Alek Kurniawan Sebagai Sekwan Pekanbaru
Selasa, 11-02-2020 - 15:00:44 WIB
Alek Kurniawan.
TERKAIT:
 
  • SK Walikota Menyimpang, KASN: Kembalikan Alek Kurniawan Sebagai Sekwan Pekanbaru
  •  

    PEKANBARU, MataPers - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) meminta Walikota Pekanbaru Firdaus ST,MT mengembalikan Alek Kurniawan,SP,MSi ke jabatan semula sebagai Sekretaris DPRD (Sekwan) Pekanbaru, karena keputusan yang dibuat sebelumnya menyimpang dari ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. 

    Perintah KASN itu tertuang dalam surat KASN nomor B-248/KASN/1/2020 tertanggal 20 Januari 2020 tentang Rekomendasi atas Pemberhentian dari JPT Pratama Pemerintah Kota Pekanbaru. Dalam rekomendasi itu, KASN menyatakan telah melakukan penelaahan, klarifikasi dan penelusuran terhadap laporan pemberhentian Alek Kurniawan dari jabatannya sebagai Sekretaris DPRD (Sekwan) Pekanbaru. Termasuk klarifikasi terhadap Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pekanbaru pada tanggal 13 Januari 2020. 

    Dalam surat rekomendasi yang. ditandatangani Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto itu, Komisi Aparatur Sipil Negara berkesimpulan pembebasan jabatan Alek Kurniawan dari Sekwan Pekanbaru berdasarkan keputusan Walikota Nomor: Kpts. 821.4/BKPSDM-MP/2612 tanggal 14 Oktober tahun 2019 menyimpang dari ketentuan perundang-undangan dan prosedur sebagaimana ditetapkan dalam Pasal 52 UU No 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan dan Peraturan Pemerintah No 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin PNS.

    "Atas beberapa permasalahan dalam  pembebasan Sdr. Alek Kurniawan, KASN merekomendasikan kepada saudara Walikota Pekanbaru selaku pejabat Pembina Kepegawaian untuk meninjau kembali keputusan Walikota tertanggal 14 Oktober tahun 2019," kata Komisi ASN dalam suratnya yang diperoleh MataPers.com, Selasa (11/2/2020), hari ini. 

    Selain itu, dalam keputusannya, KASN juga merekomendasikan agar Alek Kurniawan dikembalikan ke jabatan semula sebagai Sekretaris DPRD Pekanbaru atau jabatan yang eselonnya setara dengan sebelumya. 

    "Dalam hal pegawai tersebut diduga melakukan pelanggaran disiplin berat agar dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan dengan berpedoman kepada PP No 53 tahun 2010 serta ketentuan perundang-undangan terkait lainnya," kata KASN dalam bagian keputusan rekomendasinya tersebut. 

    Sejauh ini belum diperoleh tanggapan dari pihak terkait, baik BAKD maupun Walikota Pekanbaru terkait rekomendasi Komisi ASN itu.

    Sedangkan Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani kepada MataPers.com menyambut baik rekomendasi KASN itu dan meminta Walikota untuk mengikuti keputusan KASN sesuai undang undang dan aturan yang berlaku. "Walikota harus memberi contoh bahwa kita taat aturan dan undang undang," kata Ketua DPRD tersebut. 

    Sementara Alek Kurniawan yang dikonfirmasi MataPers.com tentang keputusan KASN, belum menjawab pesan WhatsApp (WA) yang disampaikan kepadanya. 

    Mengejutkan

    Seperti diketahui, Alek Kurniawan yang baru beberapa bulan menjabat sebagai Sekretaris DPRD Pekanbaru tiba-tiba dinonaktifkan dari jabatannya pada 19 Agustus 2019 dan jabatan Sekwan Pekanbaru resmi dijabat seorang pelaksana tugas (Plt), yaitu Zulfahmi Adrian.

    Alek sendiri terbilang baru sebagai Sekwan, yakni terhitung 25 Januari 2019. Kepada sejumlah media, Alek sempat menyatakan kaget dengan pencopotan dirinya. Sebab, saat itu Alek sedang mengambil cuti besar. Dan, ketika masa cutinya selesai pada 14 Oktober 2019 berakhir, Alek langsung  dinonjobkan. 

    Padahal, sesuai ketentuan Undang-undang (UU) Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), melarang kepala daerah memberhentikan atau memindahkan seorang pejabat yang menduduki jabatannya sebelum genap dua tahun.

    Dalam UU ASN yang berlaku sejak 15 Januari 2014 lalu itu, mengatur tentang penempatan pejabat. Pejabat bisa dimutasi jika yang bersangkutan sudah bekerja selama dua tahun. Namun selama itu, setiap tahun kinerja pejabat itu dinilai.

    Ketidakjelasan alasan pencopotan Alek Kurniawan sebagai Sekwan itu pula yang akhirnya berujung ke Komisi ASN. Dan, KASN kini memutuskan jabatan Sekwan mesti dikembalikan ke Alek Kurniawan. (mp01)



     
    Berita Lainnya :
  • SK Walikota Menyimpang, KASN: Kembalikan Alek Kurniawan Sebagai Sekwan Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Empat Hari Silam Suami BCL Jalani Terapi 'Emsculpt', Ini Penjelasannya
    02 23 Pengungsi Tewas Terinjak-injak Karena Berebut Makanan dan Pakaian
    03 TC Timnas U-19 Indonesia di Jepang-Korsel Terancam Wabah Corona
    04 Ashraf Sinclair, Suami Bunga Citra Lestari Meninggal Dunia
    05 Messi dan Hamilton Dinobatkan Sebagai Olahragawan Terbaik Dunia
    06 Kembangkan Perikanan dan Pertanian, Dumai Teken Kesepahaman dengan UIR
    07 Tim Kuasa Hukum Daftarkan Banding Atas Vonis 6 Tahun Kakek Pembakar Lahan di Inhil
    08 SPDP Perkara Anak Bupati Rohil Turun, Kejari Pekanbaru Siapkan Tiga Jaksa
    09 Musrenbang 2020: Drainase Jadi Skala Prioritas Usulan Kecamatan Mandau
    10 Pemkab Bengkalis Gelontorkan Rp297 Miliar Bangun infrastruktur di Mandau
    11 Mantap, Gedung DPRD Riau Bakal Dilengkapi Eskalator Senilai Rp8,5 Miliar
    12 M Rafi, Camat Reteh Inhil Meninggal Dunia
    13 Muscab V SPS Riau: Maskur Ketua Panitia, Khairul Sekretaris
    14 Kadin Inhil MoU dengan PD BPR Terkait Kerjasama Kredit UKM dan IKM
    15 Legislator Ini Khawatirkan Dana Hibah KONI Riau Menyimpang, Kok Bisa?
    16 Mengapa Orang Indonesia Sulit Terpapar Virus Corona? Ini Alasan Ilmiah Kemenkes
    17 Makin Heboh, Dugaan Kades Terpilih di Inhu Gunakan Ijazah ''Aspal''
    18 Pasal UU Pers Direvisi Lewat RUU Cilaka, Orpers: Masa Orba Bisa Terulang!
    19 UPDATE: Korban Tewas 1.665, Terinfeksi Corona 69.000 Orang di Seluruh Dunia
    20 Survei Indo Barometer: Masalah Pemerintahan Jokowi Sampai Kini Tetap Soal Ekonomi
    21 Kabar Sedih di Hari Minggu, 335 Penumpang Diamond Princess Corona
    22 Pengungkapan Kasus Perdagangan Kulit Dan Organ Harimau Sumatera di Indragiri Hulu oleh Polda Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar